Demi Tingkatkan Integritas Mahasiswa, HMJ PAI Gelar Pelatihan Penulisan Makalah

dok. Nazih Kahfi

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) UIN Walisongo Semarang gelar Pelatihan Penulisan Makalah pada Minggu (22/08) lalu. Pelatihan ini digelar dalam rangka meningkatkan integritas mahasiswa dalam penyusunan makalah. Digelar secara virtual melalui zoom, tidak menyurutkan peserta untuk aktif dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan yang dipandu oleh Nurul Habibah dan dimoderatori oleh Reineta Dian Kusumawati ini mengangkat tema “Meningkatkan Integritas Mahasiswa dalam Penyusunan Makalah”.

Sebelum dimulainya pelatihan tersebut, peserta diminta untuk mengisi formulir mengenai kesulitan dalam pembuatan makalah. Beberapa diantara kesulitan-kesulitan tersebut antara lain seperti kesulitan dalam peletakan tanda baca dan kesulitan dalam menuang serta menulis gagasan dalam sebuah makalah.

Menurut Ratna Muthia, M.A. selaku pemateri dalam pelatihan tersebut, kesulitan itu timbul karena mahasiswa tidak menjalankan konsep dasar penulisan makalah dengan baik. Konsep tersebut yakni, menulis. Menulis merupakan aspek keterampilan berbahasa tertinggi. Hal ini berarti, seseorang yang mampu menulis tentunya sudah melewati keterampilan berbahasa sebelumnya, seperti menyimak, berbicara, dan membaca.

Dalam pelatihan ini juga beliau menyampaikan beberapa materi mulai dari definisi makalah hingga kesalahan dalam penulisan makalah. Salah satu kesalahan tersebut adalah tidak diberikannya pendapat dari mahasiswa dalam penulisan makalah. Hal ini tentunya memiliki arti bahwa makalah yang ditulis hanya menghimpun pemikiran ahli tanpa menyertakan pendapat mahasiswa di dalamnya.

“Dalam menulis makalah, kita bukan hanya mengutip teori orang lain. Namun juga menyimpulkan dan membandingkan, sehingga kita berkontribusi pada makalah yang kita tuliskan,” jelas Ratna.

Di sela pelatihan penulisan makalah, beliau mengajak peserta untuk berlatih mencari kalimat kutipan langsung, kutipan tidak langsung, dan kutipan ulang menggunakan google docs. Hal ini tentu mengundang antusias peserta yang ikut serta menandai kalimat dengan warna yang ditentukan. Pelatihan ini diakhiri dengan tanya jawab dan sesi dokumentasi yang dipandu oleh Reineta.

Penulis : Azka Nurfadila (Kominfo HMJ PAI 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *