Berorientasi pada Pengembangan Diri dan Kreativitas, HMJ PAI Gelar Pelatihan Desain Grafis

dok. KOMINFO

HMJ PAI UIN Walisongo menggelar pelatihan desain grafis berbasis corel draw secara virtual pada Rabu (26/5). Pelatihan desain tersebut digelar melalui platform zoom meeting dan berlangsung kurang lebih 2 jam (pukul 14.00 WIB-16.10 WIB). Tema yang diangkat pada pelatihan desain ini adalah “ Mengembangkan Diri dengan Desain Grafis dan Berkreasi Tanpa Batas ”. Berawal dari tema tersebut, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa jurusan PAI khususnya untuk mengembangkan minat dan bakat, serta kreativitas pada dunia desain khususnya.

Pelatihan desain grafis berbasis corel draw ini tidak hanya terbuka untuk mahasiswa PAI atupun mahasiswa UIN  Walisongo secara umum, tetapi juga terbuka untuk umum secara gratis. Dalam pelatihan ini, yang bertindak sebagai moderator yaitu saudari Rahayu Ningsih (anggota divisi kominfo HMJ PAI) dan sebagai pemateri adalah saudara M. Abdul Wahid, S.Pd. (Demisioner Ketua HMJ PAI 2015 sekaligus Founder Way Project Jepara).

Di awal pembukaanya, M. Abdul Wahid  menegaskan bahwa “yang namanya desain itu diawali dari sendiri, diawali dari minat. Orang kalau sudah tidak minat di  desain itu, kalau disuruh desain pasti kesulitan. Makanya saya minta nanti teman-teman yang sudah join disini, tentunya sudah menyiapkan apa yang harus disiapkan” tuturnya.

Pelatihan desain ini disusun dengan empat acara yang diantaranya adalah pengenalan aplikasi ( Corel Draw X7), pengenalaan tools aplikasi, teknik-teknik desain grafis, dan yang terakhir percontohan praktik desain logio dan pamflet oleh saudara M. Abdul Wahid. Di sela-sela acara juga terdapat sesi tanya jawab yang berlangsung, terhitung ada tiga pertanyaan yang dijawab pada pelatihan ini,  mengingat sangat terbatasnya waktu.

Karena diadakan secara online, tentunya juga terdapat berbagai kendala yang datang dari perangkat pribadi maupun sinyal jaringan internet. Pemilihan penyelenggaraan pelatihan desain secara online dipilih karena memang pandemi yang masih tidak stabil, sehingga mengharuskan pelatihan dilaksanakan secara online.

Setelah percontohan praktik desain oleh narasumber, M. Abdul Wahid, acara ini pun ditutup oleh Rahayu Ningsih, selaku moderator kegiatan ini. Dalam penutupan acara, Rahayu Ningsih memberikan beberapa poin penekanan acara pada siang hari itu.

Dia menuturkan bahwa “ Corel Draw yaitu sebuah program komputer editor grafk yg berfungsi untuk mengelola gambar dan banyak digunakan di bidang publikasi, percetakan dan bidang lainnya. Fungsi corel draw itu bisa digunakan membuat desain logo, pamflet, undangan, dsb. Ada juga yang perlu dicatat dalam memuat desain grafis yaitu menggunakan font maksimal 3 atau 4 macam, warna tidak terlalu mencolok, background sesuai dengan tema, variasai font tebal dan tipis, dan tambahan ikon dan ilustrasi.

Setelah acara pelatihan ditutup, penanggung jawab kegiatan mengingatkan para peserta untuk mengisi presensi pada pelatihan desain ini dan menunggu e-sertifikat  yang akan dibagikan di dalam grup peserta.

Penulis : Abdul Hanif Fauzi (Kominfo HMJ PAI 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *