Dari Nuzulul Qur’an Hingga Baksos, Inilah Kegiatan HMJ PAI UIN Walisongo Semarang

dok.FreePik

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) UIN Walisongo Semarang, akan mengadakan Bakti Sosial dalam rangka Nuzulul Qur’an di Panti Asuhan Al-Hikmah  Ngaliyan, Semarang. Acara yang bertajuk “Satukan Amal Raih Kilaunya Ramadhan” ini akan diadakan pada Kamis sore (29/04).

Menurut Oseolla Savana selaku panitia dari kegiatan ini, tajuk yang diusung bermakna bahwa di bulan ramadhan ini banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan sehingga amalan tersebut agaknya harus disatukan untuk meraih keberkahan di bulan Ramadhan.

“Kebetulan ini usulan tema dari aku,  kenapaa tema itu, karena di bulan ramadhan ini kan banyak sekali amalan-amalan yang bisa kita lakukan dan bisa kita realisasikan. Nah, semua amalan itu kita satukan untuk meraih ramadhan yang berkah, maka kilaunya berkah ramadhan insyaallah bisa kita dapat dengan menyatukan amalan amalan tersebut,” Ujar Oseolla.

Adapun salah satu agenda terkait acara ini adalah diadakannya Khataman Al-Qur’an Virtual yang diperuntukkan untuk mahasiswa PAI  angkatan 2018, 2019, dan 2020. Khataman ini dilaksanakan selama 13 hari, terhitung dari Jum’at (16/04) sampai dengan Rabu (28/04).

“Untuk Khatamannya sendiri digabung dengan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan pada hari ini (29/04). Target dari kegiatan Nuzulul Qur’an sendiri yaitu mahasiswa PAI dimulai dari angakatan 18 sampai angkatan 20. Alhamdulillah sudah tercapai, masing-masing kelas memberikan respon yang baik. Mereka menyelesaikan Khataman Al Qur’an sesuai yang sudah ditentukan.” Ujar Indri Stianingrum

Acara yang akan diadakan sore ini, meliputi sambutan dari Ketua Umum HMJ PAI UIN Walisongo Semarang 2021 maupun sambutan dari pihak panti. Kemudian disambung dengan Khataman Al-Qur’an, Maulid Diba’, dan masih banyak lagi. Hal ini diungkapkan oleh Salsabila Az-Zahro selaku koordinator divisi Eksternal.

“Untuk garis besar Acaranya Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia raya dan yalal Wathon, Sambutan oleh Ketua Panitia,Ketua Umum HMJ PAI UIN Walisongo 2021, Pihak panti, Khataman Qur’an, Maulid diba’, Doa, Mauhidhoh khasanah oleh Demisioner HMJ PAI yaitu Mbak Feni, dilanjut Sholat Maghrib berjamaah, iftar (buka bersama sekalian Nonton bareng), Sholat tarawih berjamaah, Acara Inti Santunan dan terakhir penutupan.” Tutur Salsabila Az-zahro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *