Berhasil Menggandeng Wakil Rektor II UIN Walisongo, HMJ PAI Gelar Bincang Skripsi

dok. DIKNAL HMJ PAI

 Bincang Skripsi yang menjadi bagian dari Kajian Rutin Pendidikan Agama Islam (KANTIN PAI) jilid V sukses menggandeng Dr. H. Abdul Kholik, M.Ag. selaku Wakil Rektor II UIN Walisongo Semarang. KANTIN PAI V yang kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) UIN Walisongo ini mengambil tema “Tips dan Trik Menentukan Judul Skripsi”. Acara ini digelar pada Rabu (08/09) lalu melalui media Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung pada Youtube HMJ PAI UIN Walisongo.

KANTIN PAI V kali ini dipandu oleh Silvie Nurviana dan dimoderatori oleh David Hidayat. Keduanya merupakan anggota HMJ PAI UIN Walisongo Periode 2021.

Dr. H. Abdul Kholik, M.Ag dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa membuat skripsi terutama pada judulnya merupakan suatu fase yang penting. Lancar atau tidaknya pembuatan skripsi dapat dilihat dari judul yang dibuat.

“Membuat skripsi diawali dengan rasa ingin tahu, ketika kita mendapati sesuatu di sekitar kita maka akan terbesit sesuatu. Maka dari itu, sesungguhnya membuat skripsi tergantung dari kepekaan seseorang,” ujar beliau di awal sesi pemaparan materi.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam mencari judul sebaiknya menggunakan pengalaman empiris dibandingkan melalui buku di perpustakaan, sebab hal tersebut akan menimbulkan kecenderungan untuk melakukan copy-paste.

“Jika diilustrasikan maka seperti saat kita memperhatikan sesuatu maka muncul pertanyaan dan rasa penasaran untuk menjawab yang merupakan awal dari ilmu pengetahuan itu sendiri.” tambah beliau.

Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan tahapan dalam membuat judul skripsi. Mulai dari topik, masalah penelitian, menformulasi rumusan masalah, hingga berhasil membentuk sebuah judul yang baik untuk dikembangkan. Pada sesi tanya jawab terdapat beberapa peserta yang antusias mengajukan pertanyaan, seperti salah satunya pertanyaan tentang metode pengumpulan data kualitatif dalam lingkup masyarakat Majene.

Kajian ini diakhiri dengan sesi dokumentasi yang dipandu oleh Silvie Nurviana selaku MC dalam Bincang Skripsi.

Penulis : Azka Nurfadila (Kominfo HMJ PAI 2021)